Petunjuk Author

  1. Jurnal ARTERI menerima artikel hasil penelitian, pengabdian dan atau kajian pustaka dalam bidang dan rumpun Ilmu Kesehatan yang belum pernah dipublikasikan. Tujuan utamanya adalah menyediakan sarana publikasi bagi para dosen, akademisi dan peneliti untuk berbagi pengetahuan dan pemikiran di bidang Ilmu Kesehatan. 
  2. Naskah diketik dengan program Microsoft Word atau Libre Office Writter dengan format sesuai TEMPLATE ARTERI yang disimpan dengan bentuk file ekstensi .doc / .docx.
  3. Naskah dikirim online melalui OJS Jurnal ARTERI di http://arteri.sinergis.org.
  4. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/ diketik pada OJS pada saat mengisi "authors" pada proses submit artikel.
  5. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1.15 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 3 ketukan.
  6. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Afiliasi dan Email), Abstrak (Indonesia dan English) disertai Kata Kunci, I. Pendahuluan, II. Metodologi, III. Hasil dan Pembahasan, IV. Simpulan dan Saran, V. Ucapan Terima Kasih dan REFERENSI.
  7. Judul Artikel tidak lebih dari 12 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 14 pt REGULER.
  8. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 11 pt Regulaer. Afiliasi dan email penulis harus dalam Reguler 11 pt font.
  9. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci (ditulis alfabetik), menggunakan Times New Roman dengan ukuran huruf 10 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 200-250 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal latar belakang, tujuan, metode, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  10. Pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul.
  11. Metodologi berisi tentang memformulasikan permasalahan yang diteliti dengan lebih rinci (sedapat mungkin ditulis secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan.
  12. Hasil dan Pembahasan yang berisi tentang menyampaikan pengujian yang dilakukan dan menganalisis hasil.
  13. Simpulan dan Saran berisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan dideskripsikan dalam paragraf, tidak menggunakan numbering atau bullet. Saran harus dicantumkan untuk pengembangan penelitian ke depannya
  14. Ucapan Terima Kasih berisi ucapan terima kasih penulis atas selesainya penelitian.
  15. Referensi hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Penulisan referensi mengikuti aturan Vancouver Style, seperti contoh berikut:
    • Latif F, Maria IL, Syafar M. Drug side effects on adherence to antiretroviral treatment among people living with HIV/AIDS. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2014; 9 (2): 101-6. ← Journal
    • Abood S. Quality improvement initiative in nursing homes: the ANA acts in an advisory role. American Journal of Nursing [serial on the Internet]. June 2002 [cited 2002 Aug 12]; 102 (6): [about 3 p.]. Available from: http: //www.nursingworld.org/AJN/2002/june/Wawatch.htm. ← Journal article on the Internet
    • Diabetes Prevention Program Research Group. Hypertension, insulin, and proinsulin in of participants with impaired glucose tolerance. Hypertension. 2002; 40 (5): 679-86. ← Journal Article Author Organization.
    • Murray PR, Rosenthal KS, Kobayashi GS, Pfaller MA. Medical microbiology. 4th ed. St. Louis: Mosby; 2002. ← Book.
    • Royal Adelaide Hospital; University of Adelaide, Department of Clinical Nursing. Compendium of nursing research and practice development, 1999-2000. Adelaide (Australia): Adelaide University; 2001. ←Books written Organization and Publisher.
    • Foley KM, Gelband H, editors. Improving palliative care for cancer [monograph on the Internet]. Washington: National Academy Press; 2001 [cited 2002 Jul 9]. Available from: http: // www. nap.edu/books/0309074029/html/ ← Buku di internet.
    • Rusady MA. Studi eksplorasi diagnosis realted groups (DRG’s) penyakit abortus di Rumah Sakit Fatmawati tahun 2000 [tesis]. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; 2000. ← Thesis / Tugas Akhir
    • Canadian Cancer Society [homepage on the Internet]. Toronto: The Society; 2006 [updated 2006 May 12; cited 2006 Oct 17]. Available from: http://www.cancer.ca/. ← Website
  16. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan Vancouver Style.
  17. Menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
  18. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel pada Jurnal ARTERI.
  19. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  20. Penulis melampirkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah ketika submit artikel.
  21. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.

Submission Preparation Checklist
Penulis diwajibkan memperhatikan hal-hal berikut sebelum melakukan pengajuan/submit artikel ke ARTERI :

  1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  2. Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada Jurnal ARTERI.
  3. Referensi yang dibuat hanya sumber-sumber yang menjadi rujukan dalam naskah (Minimal 5 referensi).
  4. Pengutipan dan penulisan referensi sudah dikelola menggunakan Reference Manager (Mendeley atau lainnya).
  5. Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada Jurnal ARTERI.
  6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang naskahnya dinyatakan diterima untuk publikasi pada Jurnal Arteri, maka hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan kepada Arteri : Jurnal Ilmu Kesehatan dan Puslitbang Sinergis Asa Professional Jember sebagai penerbit Jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.

Penulis harus menandatangani Surat Perjanjian Transfer Hak Cipta (Copyright Transfer Agreement/ACT) ketika naskah telah dinyatakan diterima dan sebelum publikasi. Template Surat Perjanjian Transfer Hak Cipta dapat di DOWNLOAD disini.

Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. Jurnal Arteri memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

Creative Commons License
ARTERI : Jurnal Ilmu Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Privacy Statement
Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan diberikan kepada pihak lain.